SERING MANDI BISA MEMBUAT KULIT KERING

http://kumahasia.files.wordpress.com/2010/06/mandi1.jpgSetiap hari kita melakukan rutinitas membersikan tubuh (mandi) yang bertujuan untuk membersihkan kulit dari kotoran/debu-debu yang menempel serta untuk mengangkat sel kulit mati. Mandi dengan teratur selain membuat kulit bersih juga bisa menghindarkan kulit dari berbagai penyakit misalnya infeksi kulit. Tetapi, jangan terlalu sering mandi (misalnya lebih dari 3 kali sehari) karena justru kulit bisa menjadi kering dan akan memicu berbagai penyakit. 

Kenapa keseringan mandi bisa merusak kulit? hal ini terjadi karena pada saat mandi ada lapisan kulit yang terkikis, nah jika terlalu sering mandi maka kulit akan kehilangan banyak lapisannya yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain keseringan mandi ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, antara lain :
Cuaca : pada saat musim dingin udara memiliki kelembaban yang rendah, sehingga banyak air pada kulit yang menguap dan kulit menjadi dehidrasi(kering). Selain itu angin dan panas yang terlalu ekstrim juga bisa membuat kulit menjadi kering.

Sabun : sabun yang keras dan deterjen bisa membuat kulit kering.
Pendingin dan penghangat ruangan.

Umur : pada orang tua terjadi perubahan metabolisme yang menyebabkan kulit menjadi kering.
Apa Gejala yang muncul pada kulit ? Gejala yang ditimbulkan tergantung dari umur, kesehatannya, faktor lingkungan apa yang mempengaruhinya dan penyebab utamanya. Namun, biasanya ditandai dengan kulit yang kasar dan tidak nyaman serta kadang timbul kemerahan.

TIPS :
Untuk mencegah dan mengobati kekeringan pada kulit ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu :
  • Jangan terlalu sering mandi dalam satu hari, cucilah muka satu kali sehari.
  • Jangan menggunakan sabun yang keras, sabun yang mengandung pelembab paling baik digunakan. Hindari produk yang mengandung alkalin tinggi atau mengandung alkohol.
  • Gunakan air yang hangat bukan yang panas.
  • Aplikasikan minyak atau pelembab untuk mandi pada kulit, pelembab yang sudah mengandung minyak lebih efektif.
  • Gunakan pelembab udara jika udara sedang kering.
  • Konsumsilah air yang cukup setiap harinya.
  • Gunakan pelembab dengan minimal SPF 15 untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menghindari segala pemicu yang bisa menimbulkanya, maka kulit kering bukan lagi menjadi masalah bagi Anda. Dan ingat jangan terlalu sering mandi dalam sehari !!!!!!, mandilah sewajarnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari serta gunakan sabun yang mengandung pelembab.